Kamis, 01 Juli 2010

Merawat Hamster

0 komentar
Merawat hamster itu sebenarnya tidak repot. Tidak serumit memelihara anjing atau kucing. Namun, ada beberapa sarana dan media yang diperlukan agar hamster kita dapat merasa aman dan nyaman. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini merupakan tips merawat hamster dan perlengkapan dasar bagi kehidupan hamster.

1.Kandang
Ada banyak jenis yang dijual di petshop. Mulai dari akuarium berbahan dasar kaca, ada yang terbuat dari plastik merk Habitrail atau Wild, dan juga dari besi (jeruji) atau biasa disebut dengan wire cage. Ukuran kandang yang ideal bagi hamster adalah 25 cm x 30 cm dan cukup tinggi untuk menempatkan roda mainan (jogging wheel). Semakin besar kandang, semakin baik untuk hamster. Kandang yang baik harus dilengkapi dengan bedding yang berfungsi untuk menyerap kencing hamster , dan juga mainan, agar hamster tidak merasa bosan, selain itu hal ini
mencegah agar hamster tidak kegemukan.










2.Tempat Makan dan Minum
Tempat makan yang di gunakan dalam kandang hamster bisa terbuat dari plastik. Adapun tempat minumnya, digunakan botol yang dapat mengeluarkan air jika hamster menjilat ujungnya. Tempat minum yang berbentuk mangkuk tidak dianjurkan karena bisa tumpah dan membasahi kandang.

3.Mainan Hamster (Asesoris Hamster)
Mainan hamster bertujuan agar hamster merasa nyaman berada di dalam kandang. Mainan dapat berupa roda putar (jogging wheel), rumah, swing tunnel, dan masih banyak lagi. Asesoris hamster banyak ditemukan di petshop. Harganya pun tidak terlalu mahal.

4.Bedding (Alas Kandang Hamster)
Bedding untuk hamster biasa menggunakan serutan kayu. Selain sebagai alas tidur, serutan kayu juga berguna sebagai penyerap urin, dan sebagai bahan pembuat sarang. Selain dengan serutan kayu, kita juga bisa menggunakan pasir. Jika hamster ditaruh pada tempat yang panas, pasir ini dapat membantu mendinginkan badan hamster. Namun, jika hamster ditaruh di tempat yang dingin, makan sebaiknya bedding berupa serutan kayu. Kita juga dapat menambahkan kertas tisu yang direbek-robek sebagai bedding hamster. Lihat saja, beberapa lama hamster akan mngumpulkan tisu tersebut dan dijadikan sarang. So cute...

5.Toilet Hamster
Toilet hamster dapat dibeli di petshop dengan harga yang beragam. Pada dasarnya hamster merupakan hewan yang suka kebersihan. Namun, kita dapat mengajarkan kepada hamster untuk membuang kotoran dan urin di toilet. Caranya, toilet hamster kita beri sedikit kotorannya, dan juga beri sedikit urinnya dengan menggunakan tisu. Hamster akan mengerti dengan sendirinya.


sumber : hamster

0 komentar:

Posting Komentar